Rabu, 20 Februari 2013

kerajinan sumbar.


Warna kain yang cerah dan motif rumit dianyam dengan cantik oleh tangan-tangan trampil orang Minangkabau. Sumatera Barat memiliki reputasi yang cemerlang dan sudah terkenal di seluruh Nusantara sebagai tempat kerajinan tangan yang indah ini.
Kain Minangkabau dikenal dengan nama kain songket. Kain tenun songket menggunakan benang emas dan perak untuk menciptakan pola pada bahan sutra atau katun. Pola tersebut terinspirasi dari alam seperti motif bunga dan pemandangan gunung.
Minangkabau juga terkenal dengan bordirnya yang cantik. Kain ini mencerminkan pengaruh cina. Pakaian pernikahan Minang contohnya, kaya akan bordir pada bahan satin warna merah dan hitam dengan gaya dan tradisi China. Wisatawan yang datang ke Minangkabau bahkan secara khusus datang untuk berburu pakaian dan dekorasi pernikahan Minangkabau ini. Kain indah berbordir sarong dan selendang merupakan souvenir sempurna untuk Anda bawa pulang saat berkunjung ke Sumatera Barat.
Minangkabau juga terkenal dengan peraknya. Perhiasaan Filigree dirancang dan dibuat dengan keterampilan khusus di sini. Ada banyak desa di sekitar Bukittinggi mendalami kerajinan perak ini dan Anda bisa membeli beberapa kerajinan perak yang menarik hati.
Apabila Anda tertarik untuk belajar kerajinan Sumatera Barat atau ingin berbelanja beberapa souvenir maka datanglah ke Pandai Sikat, sebuah kota yang terkenal dengan tenun songket dan ukiran kayu. Nama Pandai Sikat diterjemahkan secara harfiah sebagai 'pengrajin pintar'. Desa kecil ini terletak 13 km dari Bukittinggi dan dapat dicapai dengan opelet (bus lokal) dari terminal bus Aur Kuning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar